Fungsi Alami Bioglass Mini

Bioglass ditemukan sekitar 50 tahun yang lalu oleh Larry Hench dari University of Florida, AS. Bioglass, yang dikenal di dunia ilmiah, adalah bahan yang digunakan sebagai implan untuk menghubungkan tulang. Bioglass adalah bahan pertama yang dapat mengikat tulang dengan sangat baik dan dapat didegradasi oleh tubuh itu sendiri, tetapi tahan terhadap korosi. Bioglass mini terbuat dari campuran berbagai mineral, yaitu silika, natrium, kalium dan fosfat. Bioglass adalah kependekan dari Bioactive Glass. Disebut bioaktif karena hanya bisa aktif ketika terkena cairan tubuh, sedangkan gelas disebut karena komponen utamanya adalah silikon oksida, bahan utama dalam produksi kaca atau kaca.

Bioglass adalah bahan implan sintetis pertama yang dapat membentuk ikatan kimia dengan tulang, sehingga hampir sempurna untuk dicampur dengan tulang. Ini memungkinkan Bioglass untuk membentuk koneksi tulang yang lebih stabil dan dapat direnovasi dari waktu ke waktu. Karena manfaat ini, Bioglass memiliki kemampuan untuk merangsang sel-sel tulang untuk regenerasi dan menghasilkan tulang baru. Namun, ada juga kekurangannya. Karena itu bukan bagian dari tubuh, Bioglass dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Ini karena sistem kekebalan tubuh mengenali Bioglass sebagai benda asing yang bisa berbahaya. Ini dapat menyebabkan respons sistem kekebalan yang menciptakan selubung di sekitar Bioglass yang dapat menghambat hubungan tulang dengan Bioglass.

Penemuan Bioglass sebagian besar berkontribusi pada kemajuan teknologi di dunia medis. Ini tentu bisa sangat bermanfaat bagi pasien, terutama pasien dengan masalah tulang dan gigi. Implan bioglass dapat digunakan untuk mengatasi masalah dengan patah tulang dan gigi yang hilang. Selain itu, baru-baru ini ditemukan bahwa Bioglass dapat digunakan untuk menutup luka yang sulit disembuhkan, seperti luka yang disebabkan oleh diabetes atau pasien yang terlambat (misalnya pasien stroke). Namun demikian, bukti ilmiah yang tersedia saat ini mengacu pada manfaat Bioglass sebagai implan dalam kasus tulang, gigi, dan cedera kronis. Bioglass harus dimasukkan ke dalam tubuh sebagai implan, tidak terpana atau digosok di tempat yang sakit, seperti yang direkomendasikan oleh vendor Bioglass di Indonesia. Kemampuan perangkat yang mengklaim dapat menyembuhkan berbagai penyakit, tampaknya, ‘terlalu bagus’ untuk dipercaya.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *